Blog sederhana yang berisi tentang berbagi materi, Tutorial, pengalaman, hiburan, Trik dan Tips, dan masih banyak lagi.

[ Materi TKJ ] Macam - Macam Komponen Jaringan LAN

Macam - Macam Komponen Jaringan LAN

 1. Server
Server adalah komputer yang biasanya dikhususkan untuk menyimpan data atau sistem operasi berbasis network ( network operating system ), berisikan daftar user / client yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.

server




2. Workstation
Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer, dan sebagainya.

workstation


3. Hub / Switch
Hub / Switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan ( network card ). Jika hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar-workstation atau komputer workstation dengan server.

hub / switch


4. Network Interface Card ( Kartu Jaringan )
Sebuah kartu jaringan ( LAN Card ) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan.

LAN card


5. Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer satu dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
  • Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST.

konektor st & sc
  • Jenis kabel UTP dengan konektor RJ45.
konektor rj45
  • Jenis kabel coaxial dengan konektor BNC.
kabel coaxial

Itulah artikel tambaha atau materi tambahan dari saya, terimakasih sudah membaca, jangan lupa share dan berlangganan di blog saya, agar tidak ketinggalan dengan postingan saya selanjutnya :-)
Share This Article


0 Komentar untuk "[ Materi TKJ ] Macam - Macam Komponen Jaringan LAN"

Back To Top