Blog sederhana yang berisi tentang berbagi materi, Tutorial, pengalaman, hiburan, Trik dan Tips, dan masih banyak lagi.

[ Materi TKJ ] Mengidentifikasi Fungsionalitas Jaringan


Mengidentifikasi Fungsionalitas Jaringan

Sama dengan jaringan LAN, jaringan yang berbasis luas / wireless juga memiliki gangguan atau permasalahan yang mempengaruhi fungsionalitas jaringan. Identifikasi permasalahan pada jaringan WAN dapat dilihat melalui gejala yang muncul. Permasalahan yang timbul bisa diakibatkan oleh faktor dari dalam maupun dari luar, misal dari tegangan listrik yang tidak stabil, maupun dari hardware maupun software. Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan baca artikel berikut!


Mengidentifikasi Fungsionalitas Jaringan

1. Tegangan Listrik
Tegangan listrik dapat menyebabkan gangguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati mendadakdari sumber PLN. Hal tersebut sangat mempengaruhi dikarenakan semua peralatan yang kita gunakan bersumber pada listrik. Sumber listrik yang kita gunakan tidak baik atau tidak stabil, dapat menyebabkan peralatan yang kita gunakan mudah rusak. Komputer yang kita gunakan sering mati mendadak karena sumber listrik mati dapat menyebabkan komputer yang kita gunakan akan cepat rusak. Sehingga, akan mempengaruhi jaringan apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation maupun komputer server.

2. Mati atau Tidak Berfungsinya Komponen pada Jaringan
Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi ( berkarat ) dan rusak. Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.

Dalam sistem jaringan LAN sering kita menyebut permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down. Down dalam jaringan bisa kita artikan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal. Down dapat menyebabkan komunikasi dalam jaringan melambat atau tidak bekerja sama sekali. Kondisi tersebut yang perlu ditangani sehingga jaringan dapat bekerja dengan baik dan kembali normal. Istilah down pada jaringan komputer LAN berbeda dengan down dalam jaringan Warnet ( Warung Internet ). Down pada jaringan LAN disebabkan sistem dalam jaringan LAN tersebut atau karena tidak berfungsinya peralatan maupun komponen dalam jaringan LAN tersebut. Down pada Warnet disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranya pengaruh dari jaringan LAN yang ada dalam warnet, dari provider ( jasa pelayanan akses internet ) yang mengalami gangguan dan bisa juga dari line telepon yang penuh sehingga menyebabkan akses ke internet tidak dapat dilakukan.

Down dalam jaringan LAN lebih mudah ditangani dibandingkan down pada Warnet. Down dalam jaringan LAN lebih mudah diatasi karena kita dapat mendeteksi melalui indikator - indikator yang dapat kita lihat. Indikator - indikator tersebut memberikan isyarat jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsinya komponen. Komponen tersebut antara lain server, workstation, hub / switch, network interface card ( kartu jaringan ), kabel dan konektor.



Itulah artikel tambaha atau materi tambahan dari saya, terimakasih sudah membaca, jangan lupa share dan berlangganan di blog saya, agar tidak ketinggalan dengan postingan saya selanjutnya :-)

Share This Article


0 Komentar untuk "[ Materi TKJ ] Mengidentifikasi Fungsionalitas Jaringan"

Back To Top